Karawang Lensaberita.my.id-Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang menggelar kegiatan kurasi produk UMKM di Aula Galeri, Rabu (10/12/2025). Kegiatan ini diikuti oleh 32 UMKM dari berbagai wilayah di Kabupaten Karawang.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, H. Dindin Rachmadhy, S.Sos., M.M., menjelaskan bahwa kurasi ini berfokus pada produk seni kerajinan dan makanan. Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari kerja sama dengan PT Indomarko Sukses Makmur (Indomaret).
“Ini adalah sesi terakhir dari proses pengembangan UMKM. Tujuannya agar para pelaku UMKM siap bersaing dan mencapai target ‘penjualan otomatis’ di pasar yang lebih luas,” ujar Dindin.
Ia menekankan bahwa pengembangan UMKM harus dimulai dari pasar lokal terlebih dahulu sebelum melangkah ke skala yang lebih besar. Proses kurasi berlangsung selama satu bulan, dengan seluruh persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta. Setelah proses tersebut, akan dilakukan evaluasi. Meski memberi kesempatan untuk perbaikan, Dindin berharap seluruh peserta dapat lolos tanpa perlu mengulang.
Untuk memudahkan komunikasi, pihak dinas membentuk grup WhatsApp khusus agar para pelaku UMKM dapat menyampaikan kekurangan maupun kebutuhan mereka dalam pemenuhan persyaratan.
Selain kurasi, pihak Indomaret turut memberikan motivasi dan dukungan mental kepada para peserta. Dindin menegaskan pentingnya penerapan tiga aspek utama setelah produk dinyatakan lolos, yakni kualitas, kuantitas, dan kontinuitas (3K). Ia juga menyampaikan harapan Bupati Karawang agar seluruh 32 produk dapat lolos kurasi.
“Kurasi ini berbeda dengan bazar. Produk diperiksa secara menyeluruh, mulai dari kualitas, kemasan, hingga bobot dan spesifikasi lainnya. Ada lima aspek yang menjadi fokus penilaian,” jelasnya.
Kegiatan kurasi ini merupakan kerja sama yang ketiga kalinya antara Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang dan Indomaret. Pihak dinas juga telah berkoordinasi dengan perwakilan Indomaret Pusat untuk melakukan evaluasi berkala setiap tiga bulan guna memperbaiki kekurangan sekaligus mendorong peningkatan pemasaran produk UMKM di Karawang.
Mengakhiri kegiatannya, Dindin yang juga menjabat sebagai Micro Economic Manager menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelaku UMKM serta PT Indomarko Sukses Makmur.
“Akhir dari suatu produk adalah pemasarannya. Itu kunci keberhasilan pelaku UMKM untuk dapat bertahan dan berkembang,” ujarnya.(Ynh)


